Wednesday, December 31, 2014

Real Masjid Series (+ Kuis)

 

Tahun 2014 merupakan tahun dimana komik islami sedang berjaya. Dakwah pun menjadi semakin tampak menyenangkan ketika disuguhkan dalam bentuk visual/gambar. Lucu tetapi menyentil.

Real Masjid mengingatkan pembacanya pada keutamaan melaksanakan shalat berjama'ah di masjid. Meski begitu, topik-topik tentang puasa, hijab, sedekah dan keseharian juga diangkat dalam bentuk komikstrip. Singkat tapi mengingatkan. Tak ayal, komikstrip ini berhasil menerbitkan senyum dan menggelitik hati dan akal.

Direkomendasikan untuk pembaca yang ingin membenahi diri dan hati tapi malas membaca buku berteks yang berat.





Judul: Real Masjid 1 - 3
Penulis: Tony Trax
Ilustrasi: Galang Tirtakusuma, Faza Meonk & Thoma Prayoga
Penerbit: Zahira
Cetak: 2013
Tebal: 140 halaman
Harga Buku: Rp. 92.000 (Parcel Buku)
Bintang: 3-4/5

KUIS REAL MASJID SERIES

Pertanyaan:

Sebutkan kisah komik (tidak harus dari buku) yang pernah kamu baca dan menginspirasimu? (sebutkan juga sumbernya)

Syarat Peserta:
  • Peserta WAJIB memiliki blog (tema blog bebas) dan tidak dikondisikan private karena pemenang WAJIB mengulas buku yang dihadiahkan
  • Peserta boleh dari negara manapun, tapi jika memenangkan hadiah hanya dikirim ke alamat di Indonesia,
  • Peserta menjawab pertanyaan dikolom komentar dengan menyertakan akun twitter/facebook.
  • Peserta wajib follow twitter @bacabukuislam atau like fanpage Baca Buku Islam
  • Peserta wajib membagikan info berikut melalui twitter dengan mention @bacabukuislam atau facebook dengan mentag fanpage Baca Buku Islam
  • Tantang berlangsung dari 1 Januari s/d 31 Januari 2015,
  • Pemenang akan diumumkan (inshaaALLAH) 3 Februari 2015
Hadiah

1 Orang Pemenang akan mendapatkan 
1 Set Real Masjid seri 1-3 
(Pemenang WAJIB mengulas buku-buku tersebut minimal sebulan setelah hadiah diterima)

3 comments:

  1. Kisah Komik yang begitu membuatku merasa terinspirasi adalah ketika saya membaca komik yang berjudul The Truth Of Holy Qur'an.
    Di dalam Komik ini ada 3 orang remaja Islam yang sedang membaca Alquran. Namun itu adalah bagian dari gambar komik tersebut. Yang ingin saya ceritakan adalah tentang Pastor Terry Jones yang akan membakar AlQuran namun ia tidak pernah membaca AlQuran tersebut sekalipun. Entah apa yang ada di dalam pikiran orang-orang Non-Islam. Mereka menganggap bahwa AlQuran dan Islam adalah Musuh besar mereka sehingga mereka berniat untuk membakar AlQuran. Namun karena sebagaimana kita ketahui bahwa AlQuran adalah Mukjizat terbesar yang diberikan Allah kepada Nabi Muhammad SAW. Tentu AlQuran akan dijaga oleh Allah sehingga tidak akan ada yang bisa melecehkan AlQuran. Setelah ada dorongan agar Orang Kristen juga untuk membuktikan bahwa Alquran itu benar. Maka mereka pun tersadar akan kebenaran AlQuran. Sehingga mereka merasa malu dan tidak jadi membakar AlQuran.
    Kesimpulannya, AlQuran adalah Kitab yang luar biasa yang diturunkan Allah untuk seluruh umat manusia dan tidak akan ada yang bisa melecehkannya barang sekalipun. Karena siapa yang melecehkannya. Maka akan ada azab yang segera menimpa orang tersebut.

    Twitter : @yusufpasha21
    Facebook : Yusuf Pasha Irwansyah

    ReplyDelete
  2. Komik yang menginspirasiku adalah 33 Pesan Nabi (jaga mata, jaga telingan, jaga mulut) dari Vbi Djenggotten.
    Pertama kali aku baca komik yang isinya bikin "gemetar". Komik islam pertama yang aku baca dan bikin merinding sekujur tubuh karena isinya. Komik tersebut sebenarnya sederhana namun diulas dengan secara unik. Kebiasaan kita yang seringkali menyimpang dan dilakukan tanpa sadar padahal menentang dari aturan Allah. Plusnya lagi disertai hadist-hadist sebagai sumber jadi sumbernya enggak menyimpang atau bikin sendiri yang bisa jadi keliru. Jadi bisa dipercayai.
    Setelah baca itu, aku sadar betapa banyak hal yang sudah kita lakuin tanpa sadar sudah menyimpang dari aturan Allah Swt. Bikin aku mencoba lebih baik, lebih berusaha dan lebih mengimani Allah secara benar dan sesuai kaidah-kaidah. Dan, komik itu juga yang bikin aku lebih pengin tahu hadist dan mempelajarinya. :)
    Sederhana tapi bermakna.

    twitter : @azhanifa
    Facebook : Azzah Hanifah (https://www.facebook.com/azha.4224)

    ReplyDelete
  3. Saya mau ngomongin komik amatir yang satu ini: http://adi-fitri.tumblr.com/post/89024138434/just-because-we-wear-the-hijab-and-cover-up-does/

    "Just because we wear the hijab and cover up, does not make us perfect Muslims." Itulah tagline dari komik tersebut. Komik karya Adi Fitri ini barangkali jika dicetak cuma butuh lima halaman, tapi amanatnya luar biasa.

    Alkisah, seorang muslimah berjilbab "mengkritik" muslimah lain yang belum berjilbab. Dia marah besar dengan ke-masabodo-an muslimah zaman sekarang yang cenderung tidak menaati tuntutan Islam. Lalu temannya bilang, "Tidak ada yang sempurna. Kita tidak 100% menaati Allah. Prasangkamu adalah salah satu buktinya."

    Ketika kita sudah melakukan suatu hal dengan benar, apakah kita berhak untuk memandang remeh orang lain yang belum bisa melakukan hal itu? Jelas tidak. Mungkin orang itu sudah melakukan jutaan kebaikan lain yang belum pernah terpikirkan oleh kita. "They may have one weakness that is outward, and we have 50 weaknesses that are hidden."

    Intinya: toleransi:-) (dan penyakit hati adalah sesuatu yang harus sangaaat dihindari)

    Twitter: @marhanura

    ReplyDelete

My Blog List

 

. Template by Ipietoon Cute Blog Design